se

Kamis, 24 Januari 2019

Mudah Baca kitab



CARA CEPAT
BACA – TERJEMAH – I’ROB
KITAB KUNING KHUSUS PEMULA.



      









DISUSUN OLEH
Muhammad Fathoni Abdulloh




Miftahul ulum ru 4
Ganjaran Gondanglegi Malang Jatim
Jl. Raya No.02 Ganjaran Gondanglegi Malang Tlp. 0341-878244


   








KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين
سيدنا و مولانا و حبيبنا محمد وعلى اله و صحبه اجمعين
Al Hamdulillah wasysyukru lillah, buku kecil ini telah rampung kami susun, walaupun jauh dari kesempurnaan. Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya.
Buku tipis ini kami buat, setelah sekian lama kami mengajar BMK ( Bimbingan Membaca Kitab Kuning ), yang kenyataan para murid pemula mengalami kesulitan dalam pempelajari kitab kuning dari segi membaca, menterjemah dan mengi’rob bahkan sampai ada dari para murid tidak bisa menulis tulisan arab dan pego. Dan kami pun selaku guru juga kesulitan membimbing para murid untuk bisa membaca kitab karena mereka datang dari berbagai latar belakang yang berbeda.
Maka dari itu kami coba berusaha sekuat tenaga mencari solusi, untuk memberikan yang terbaik untuk para murid. Dan akhirnya dengan taufiq dan hidayah Allah terbuatlah buku tipis ini dengan nama ;
AL-ROUDLI
“ CARA CEPAT BACA – TERJAMAH – IROB KITAB KUNING “.
Dan kepada para pembaca, apabila menemukan kesalahan atau kekurangan dalam buku kecil ini, kami mohon untuk membenarkan dan menghubungi kami guna untuk penyempurnaan buku ini.
Harapan kami semoga buku kecil ini bermanfaat bagi bagi kita semua khususnya para murid-murid pemula.


                                                                                    TTD
                                                                                    Penyusun


                                 METODE BELAJAR MENGAJAR
AR-ROUDLI
A.   MEMBACA SASAAN
1.    Ajarkan murid membaca dan menulis huruf arab dan arab pego
2.    Suruhlah murid memindah sasaan kitab bersasak ke buku tulis
3.    Ajarkan murid baca hasil pindahan sasaan sendiri dan dipandu oleh guru
4.    Jika murid sudah bisa dan terbiasa membaca tulisan sendiri, suruhlah murid menulis ulang ibarot kitab dengan jarak yang cukup, kemudian ajarkan murid menyasak sendiri dengan di dekte oleh guru
5.    Suruh murid membaca sasaan yang telah dibacakan oleh guru secara bersama-sama dengan metode lagu baca kitab Al-roudli dan suruhlah murid membaca sasaannya dipertemuan yang selanjutnya satu persatu/ dua –dua.
6.    Lakukukan dengan kontinyu no 5 – 6 sampai murid benar-benar lancar.
7.    Berilah nilai di kitabnya dan juga bubuhi tanda tangan guru beserta tanggal setor bacaan

B.   MEMBACA KOSONGAN
1.    Setelah murid dipastikan bisa membaca saanya sendiri dengan lancer maka metode selanjutnya adalah membaca kitab dengan cara kosongan ( kitab tanpa ada sasaan )
2.    Murid harus mempunyai buku tulis untuk menyalin kitab dan untuk disasak dengan didekte oleg guru, dan murid juga mempunyai kitab kosongan.
3.    Suruhlah murid menulis ulang teks/ ibarot dengan materi sedikit
4.    Guru membacakan kitab dengan pelan, jelas dan simple. Dan murid menyasa’ dari bacaan guru
5.    Tanyakan kepada murid, apakah sudah nututi semua sasaan
6.    Suruhlah murid membaca ulang hasil sasaannya dengan membaca bersama-sama dengan tertib dengan metode lagu baca kitab Arroudli
7.    Berikan tugas (PR) bahwa sasaan yang barusan disasak dan di baca itu akan dibaca kosongan dipertemuan selanjutnya dengan menghadap guru satu-persatu.
8.    Lakukukan dengan kontinyu no 1 – 5 sampai murid benar-benar lancar dan terbiasa baca kosong.

C.   MENTERJAMAH
1.    Guru menanyakan kepada murid tentang arti makna sasaan jawa dan memberi tahu murid dari makna sasan jawa tersebut
2.    Ajarkan murid arti bahasa Indonesia perkalimat dan per tarkib.
3.    Suruh murid membaca kitab dengan mengubah makna jawa menjadi makna indonesia 
4.    Suruh murid menterjemah kitabnya kedalam bahasa indonesia dengan cara menyesesuaikan urutan kalimat dan tarkib ( terjemah lurusan )
5.    Jika sudah terbiasa terjamah lurusan, selanjutnya ajarkan dengan menterjemah dengan bahasa indonesia yang baik dan benar
6.    Lakukan terus secara kontinyu baik melalui tugas langsung atau PR





D.   MENGI’ROB
1.    Suruhlah murid membaca nadzom ARRAUDLI disetiap pertemuan dengan istiqomah
2.    Jelaskan maksud isi dari nadzoman dengan per-arraudli satu kali pertemuan dan seterusnya,  itu sampai benar-benar faham mengisi table/ kolom i’rob dengan format arroudli 1-7
3.    Guru menuliskan perkalimat dengan secara urut dan menyuruh murid untuk mengisi kolom I’rob tersebut
4.    Jika santri sudah mahir, maka suruhlah murid memisah-mosahkan sendiri perkalimatnya untuk dii’rob dengan batasan sedikit yang telah ditentukan oleh guru minimal 5 – 10 kalimat dan seterusnya.
5.    Lakukan terus secara kontinyu baik melalui tugas langsung atau PR

                                                                                    TTD
                                                                                    Penyusun






CONTOH TABEL
ارتي
حكوم
كرنا
دغان
اوليه
باجا
جادى
تاندا
كلمة
لفظ
no

ARRODLI-1
MUQODDIMAH
( SINGKATAN )
Utawi emmim, ikunya ekhho’  # Fa’ pendek opo, fak panjang sopo
Kalau ing mim fa’, kalau kang essod # senajang enghein, kerono ain
Kalawen mim to’, hale ha’ panjang # moko jim atas, ennuni ora
Ojo nun he’, apani ta’ emmim # piro-pironi ejjim di bawah
Ingdalem edzzo’, nyatani ba’ dal # Hiyo ta’ wawu itu singkatan
Kaduwe ta’ atas, Maring mim panjang # kerahkan tenaga ayok berjuang
Kita santriwan baru belajar # membaca kitab tuk masa depan.

AR-ROUDLI-2
(Kalimat dan Tanda)
TENTUKAN DAHULU APA KALIMATNYA # JANGAN LUPA SERTAKAN JUGA TANDANYA
KU YAQIN PASTI KITA KAN BAHAGIA # KARNA KAMI ITU MURID YANG SHOLEHA (soleh ya)
ISIM – FI’IL- HURUF 2 # ISIM – FI’IL -HURUF 2     =2X
KALAU ISIM AL-TANWIN – JER - KASROH-KASROH # HURUF EJER-IDOFAH ETTA’ MARBUTOH
ADA UTAWI – OPO - SOPO-SOP0-ING # BACA ALHAMDU LILLAH KETIKA WAHING
KALAU FI’IL QOD–SIN–SAUFA–TAK MABSUTOH # SETELAHNYA TERDAPAT ING-0P0-S0P0
TAPI KALAU HURUF TIDAK PUNYA TANDA  # ESRET X 4 ISI SAJA
AKHIRNYA KU MENYELESAIKAN SEKOLAH # DI MTs RU PUTRI(menyesuaikan lembaga) CINTAILAH
BERHARAP SEMOGA ILMUNYA MANFA’AT # BAROKAH-SOLEHAH (soleh di )DUNIA AKHERAT











AR-ROUDLI-3
( JADI, BACA, OLEH )
ROFA’
UTAWI JADI MUBTADA’          @ ROFA’NYA OLEH IBTIDA’
IKU KHOBAR JADIKANLAH @ ROFA’ OLEH MUBTADA’ LAH
OPO SOPO JADI FAIL @ ROFA’NYA OLEH YA FI’IL =2X
KUHARAP ENGKAU TAHU @ BAHWA SUNGGUH DIRIKU
MENYUKAI BMK @ KARNA KU BAHAGIA
NASOB
ING ITU JADI MAF’UL BIH @ NASOBNYA OLEH FI’IL BIH
HAL ITU JADIKAN HALE @ NASOBNYA FI’IL POLE
APANE JADIKAN TAMYIZ @ DI NASOBKAN FI’IL TAMYIZ
KALAWANNYA MAF’UL MUTLAQ @ DI NASOBKAN FI’IL MUTLAQ
INGDALEM JADI DZOROF @ DINASOBKAN FI’IL DZOROF
KARNA MAF’UL LI AJLIH @ DI NASOBKAN FI’IL  AJLIH
TERGANTUNG
KANG JADIKAN NA’AT SAJA @ TERGANTUNG MAN’UTNYA SAJA
NYATANE BADALKAN SAJA @ TERGANTUNG MUBDALNYA SAJA
HIYO ITU TAUKIDKAN SAJA @ GANTUNG MUAKKAD SAJA 2X
KITA SANTRIWAN RU @ BELAJAR SANGAT SERU
KARNA KAU HARUS TAU @ BMK SANGAT JITU
JER
LAFADZ SETELAH HURUF JER @ ITU JADI MAJRUER
MAJRUR DIBACALAH EJER @ DIJERKAN HURUF EJER
DUA LAFADZ BACA TERUS @ JADIKAN MUDLOF ILEH RUS
MUDLOF ILEH DI BACA EJER @ EJERNYA  OLEH MUDOF JER
SOLEHAH (sholehya) ITU KAMI @ GELAR IDAMAN SUAMI(Istri/Santri) 2X









AR-ROUDLI-4
( Tanda I’rob )

KALAU PILIH ROFA’ AYO PILIH SAYA # DOMMAH-WAWU-ALIF-ENNUN ITU SAYA
KALAU PILIH NASOB-AYO PILIH AKU # FATHAH-ALIF-KASROH-IYA’-HADZFUNNUN KU
KALAU PILIH EJER AYO PILIH KAMU # KASROH-IYA’- FATHAH ITU ITU KAMU
KALAU PILIH JEZEM AYO PILIH KITA # SUKUN -HADZFU ENNUN- HADZFUL ILLAT KITA
BARHARAP ENGKAU SETIA SELAMANYA # DU HAI KEKASIH KU BMK NAMANYA






AR-ROUDLI-5
( Tanda I’rob )
( ROFA’ )
MUFROD-TAKSIR-MUANNATS-SOHIH AKHIRNYA # ROFA’ 3X DENGAN DOMMAHNYA
JAMA’ MUDZAKKAR SALIM-ASMAUL KHOMSAH # ROFA’ 3X DENGANNYA WAWIYAH
ISIM 3X ISM TATSNIYAH # ROFA’ 3X DENGAN ALIFNYA
AF’ALUL KHOMSAH ROFA’ 3 X NYA # DENGAN 3X TSUBUTUN ENNUNNYA
( NASOB )
ISIM MUFROD-JAMA’ TAKSIR-SOHIH AKHIR # NASOB 3X DENGAN FATHAH AKHIR
ASMAUL KHOMSAH  YAITU ADA LIMA # NASOB 3X DENGAN ALIFNYA
JAMA’ MUANNATS SLILM KETIKA NASOB # DENGAN 3X KASROHNYA NASOB
JAMA’ MUDZAKKAR SALIM-ISIM TASNIYAH #  NASOB 3X DENGAN IYA’ NYA
AF’ALUL KHOMSAH YAITU ADA LIMA # NASOB 3X DENGAN HADZFUN NUNNYA
AKU MENCINTAI APA ADANYA # SEMOGA ABADI SELAMA-LAMANYA
( JER )
ISIM MUFROD-TAKSIR-MU’ANNATS SALIMNYA # EJER 3X DENGAN KASROHNYA
JAMA’ MUDZAKKAR SALIM ISIM TASNIYAH # EJER 3X DENGAN IYA’NYA
ISIM GHOIRU MUNSORIF TAK ADA TANWIN # EJER 3X DENGAN FATHAH YA WIN
SOLAWAT DAN SALAM UNTUK PARA NABI # YA NABI SALAM ALAIKA WAHAI NABI
( JEZEM )
FI’IL MUDOREK SOHEH AKHIR-AKHIRNYA # JEZEM 3X DENGAN SUKUNNYA
FI’IL MUDOREK MU’TAL AKHIR-AKHIRNYA # JEZEM DENGAN HADZFUL ILLAH ITUNYA
AF’ALUL- AF’ALUL KHOMSAH JAZEMNYA # HADZFUN NUN- HADZFUN NUN DENGAN-DENGANNYA
SEMPURNALAH NADZOM INI AR-RAOUDI # SEMOGA MENDAPAT RIDLONYA ROBBI




NADZOM AR-ROUDI-6
( KARENA )
ISIM MUFROD TIDAK ADA PIRO-PIRO @ MUFROD JUGA TIDAK BERMAKNA LORO
JAMAK TAKSIR ADA MAKNA PIRO-PIRO @ JAMAK MUANNAS SALIM YA PIRO- PIRO
BERAKHIRAN ALIF DAN TAK MEKKAR-MEKKAR @ BAGAIKAN BUNGA MAWAR KETIKA MEKKAR
YA KALAU FI’IL MUDLOREK SOHEH AKHIR @ TAK BERAKHIRAN WAWU DAN YA’ DI AKHIR
ISIM TASNIYA MAKNA LORO KARUNE @ ALIF ENNUN, YAK NUN DI WOCO KASRONE
PIRO-PIRO JAMAK MUDZAKKAR SALIM NA @ WAWU ENNUN, YA NUN DI BACA FATHA NA
KALAU ASMAUL KHOMSAH NYA ADA LIMA @ ABUN AKHUN HAMUN FU DZU ADA LIMA
ISIM GHOIRU MUNSHORIF TANPA BERTANWIN @ JANGAN COBA-COBA ANDA PAKAI TANWIN
KALAU FI’IL MUDHORE’NYA MUKTAL AKHIR @ BERAKHIRAN WAWU DAN YA’ MUKTAL AKHIR
YA ALLOH AMPUNI DOSA-DOSA KU @  JUGA DOSA-DOSA AYAH BUNDA KU

AR-ROUDLI-7
( Hukum )

KALAU MABNI AKHIRNYA TAK UBAH2 @ KALAU MU’ROB AKHIRNYA PASTI BERUBAH
KALAU HURUF ITU HUKUMNYA MABNI @ MADI – AMAR ITU HUKUMNYA MABNI
TAPI KALAU MUDORE’ HUKUMNYA MU’ROB @ JUGA SEMUA ISIM HUKUMNYA MU’ROB
KECUALI GOLONGAN ISIM BERIKUT @ AYO HAFALKAN I’ROB JANGANLAH TAKUT
ISIM ISIM DOMIR-ISIM ISYAROH @ ISIM MAUSUL-ISIM ISTIFHAM-SYAROH
JANGANLAH BIARKAN AKU MENAGIS @ KARNA KAMI SANTRI YANG MANIS-MANIS
ARRAUDLI-8
( Tatimmah )
Ada satu lagi yang belum di’irob # Aku cinta Shohabat Umar bin Khottob
Yuk kita menghafalkan babul istitsnak # Secara singkat ayolah anak-anak
Kalo lafadz mustatsna setelah ILLA # dan Khola, ‘Ada, Hasya saudara ILLA
Jadikanlah Mustatsna itu Istitsna’ # dibaca Nasob oleh Adat Istitsna’
Kadang ada juga yang jadikan Badal # Maka Tentu ingatlah masalah Badal
Kadang jadi Fa’il, Maf’ul bih dan Majrur # semoga kita ditakdir haji mabrur
Pola inga’ kakeh dek kalimat isim # tandeh kemaso’an adat nida’ isim
Lek ono lafat artine kata benda # yo iku jelas kalimat isim benda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar