CARA CEPAT
BACA – TERJEMAH – I’ROB
KITAB KUNING KHUSUS
PEMULA.
DISUSUN OLEH
Muhammad Fathoni Abdulloh
Miftahul ulum ru 4
Ganjaran Gondanglegi Malang Jatim
Jl. Raya No.02 Ganjaran Gondanglegi
Malang Tlp. 0341-878244
KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين
سيدنا و مولانا و
حبيبنا محمد وعلى اله و صحبه اجمعين
Al Hamdulillah wasysyukru
lillah, buku kecil ini telah rampung kami susun, walaupun jauh dari
kesempurnaan. Sholawat dan salam
senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan
sahabatnya.
Buku tipis ini kami buat,
setelah sekian lama kami mengajar BMK ( Bimbingan Membaca Kitab Kuning ), yang
kenyataan para murid pemula mengalami kesulitan dalam pempelajari kitab kuning
dari segi membaca, menterjemah dan mengi’rob bahkan sampai ada dari para murid
tidak bisa menulis tulisan arab dan pego. Dan kami pun selaku guru juga
kesulitan membimbing para murid untuk bisa membaca kitab karena mereka datang
dari berbagai latar belakang yang berbeda.
Maka dari itu kami coba
berusaha sekuat tenaga mencari solusi, untuk memberikan yang terbaik untuk para
murid. Dan akhirnya dengan taufiq dan hidayah Allah terbuatlah buku tipis ini
dengan nama ;
AL-ROUDLI
“ CARA CEPAT BACA –
TERJAMAH – IROB KITAB KUNING “.
Dan kepada para pembaca,
apabila menemukan kesalahan atau kekurangan dalam buku kecil ini, kami mohon
untuk membenarkan dan menghubungi kami guna untuk penyempurnaan buku ini.
Harapan kami semoga buku
kecil ini bermanfaat bagi bagi kita semua khususnya para murid-murid pemula.
TTD
Penyusun
METODE
BELAJAR MENGAJAR
AR-ROUDLI
A. MEMBACA SASAAN
1. Ajarkan murid membaca dan menulis huruf arab dan arab pego
2. Suruhlah murid memindah sasaan kitab bersasak ke buku tulis
3. Ajarkan murid baca hasil pindahan sasaan sendiri dan dipandu oleh
guru
4. Jika murid sudah bisa dan terbiasa membaca tulisan sendiri, suruhlah murid
menulis ulang ibarot kitab dengan jarak yang cukup, kemudian ajarkan murid
menyasak sendiri dengan di dekte oleh guru
5. Suruh murid membaca sasaan yang telah dibacakan oleh guru secara
bersama-sama dengan metode lagu baca kitab Al-roudli dan suruhlah murid membaca
sasaannya dipertemuan yang selanjutnya satu persatu/ dua –dua.
6. Lakukukan dengan kontinyu no 5 – 6 sampai murid benar-benar
lancar.
7. Berilah nilai di kitabnya dan juga bubuhi tanda tangan guru
beserta tanggal setor bacaan
B. MEMBACA KOSONGAN
1. Setelah murid dipastikan bisa membaca saanya sendiri dengan
lancer maka metode selanjutnya adalah membaca kitab dengan cara kosongan (
kitab tanpa ada sasaan )
2. Murid harus mempunyai buku tulis untuk menyalin kitab dan untuk
disasak dengan didekte oleg guru, dan murid juga mempunyai kitab kosongan.
3. Suruhlah murid menulis ulang teks/ ibarot dengan materi sedikit
4. Guru membacakan kitab dengan pelan, jelas dan simple. Dan murid
menyasa’ dari bacaan guru
5. Tanyakan kepada murid, apakah sudah nututi semua sasaan
6. Suruhlah murid membaca ulang hasil sasaannya dengan membaca
bersama-sama dengan tertib dengan metode lagu baca kitab Arroudli
7. Berikan tugas (PR) bahwa sasaan yang barusan disasak dan di baca itu akan
dibaca kosongan dipertemuan selanjutnya dengan menghadap guru satu-persatu.
8. Lakukukan dengan kontinyu no 1 – 5 sampai murid benar-benar lancar dan terbiasa baca kosong.
C. MENTERJAMAH
1. Guru menanyakan kepada murid tentang arti
makna sasaan jawa dan memberi tahu murid dari makna sasan jawa tersebut
2. Ajarkan murid arti bahasa Indonesia perkalimat dan per tarkib.
3. Suruh murid membaca kitab dengan mengubah makna
jawa menjadi makna indonesia
4. Suruh murid menterjemah kitabnya kedalam bahasa indonesia dengan
cara menyesesuaikan urutan kalimat dan tarkib ( terjemah lurusan )
5. Jika sudah terbiasa terjamah lurusan,
selanjutnya ajarkan dengan menterjemah dengan bahasa indonesia yang baik dan
benar
6. Lakukan terus secara kontinyu baik melalui tugas langsung atau
PR
D. MENGI’ROB
1. Suruhlah murid membaca nadzom ARRAUDLI disetiap pertemuan dengan
istiqomah
2. Jelaskan maksud isi dari nadzoman dengan per-arraudli satu kali
pertemuan dan seterusnya, itu sampai benar-benar faham mengisi table/
kolom i’rob dengan format arroudli 1-7
3. Guru menuliskan perkalimat dengan secara urut dan menyuruh murid
untuk mengisi kolom I’rob tersebut
4. Jika santri sudah mahir, maka suruhlah murid memisah-mosahkan
sendiri perkalimatnya untuk dii’rob dengan batasan sedikit yang telah
ditentukan oleh guru minimal 5 – 10 kalimat dan seterusnya.
5. Lakukan terus secara kontinyu baik melalui tugas langsung atau
PR
TTD
Penyusun
CONTOH TABEL
ارتي
|
حكوم
|
كرنا
|
دغان
|
اوليه
|
باجا
|
جادى
|
تاندا
|
كلمة
|
لفظ
|
no
|
ARRODLI-1
MUQODDIMAH
( SINGKATAN )
Utawi emmim, ikunya
ekhho’ # Fa’ pendek opo, fak panjang sopo
Kalau ing mim fa’, kalau
kang essod # senajang enghein, kerono ain
Kalawen mim to’, hale ha’
panjang # moko jim atas, ennuni ora
Ojo nun he’, apani ta’
emmim # piro-pironi ejjim di bawah
Ingdalem edzzo’, nyatani
ba’ dal # Hiyo ta’ wawu itu singkatan
Kaduwe ta’ atas, Maring
mim panjang # kerahkan tenaga ayok berjuang
Kita santriwan baru
belajar # membaca kitab tuk masa depan.
AR-ROUDLI-2
(Kalimat dan Tanda)
TENTUKAN DAHULU APA KALIMATNYA # JANGAN LUPA SERTAKAN JUGA
TANDANYA
KU YAQIN PASTI KITA KAN BAHAGIA # KARNA KAMI ITU MURID YANG
SHOLEHA (soleh
ya)
ISIM – FI’IL- HURUF 2 # ISIM – FI’IL -HURUF
2 =2X
KALAU ISIM AL-TANWIN – JER - KASROH-KASROH # HURUF EJER-IDOFAH
ETTA’ MARBUTOH
ADA UTAWI – OPO - SOPO-SOP0-ING # BACA ALHAMDU LILLAH KETIKA
WAHING
KALAU FI’IL QOD–SIN–SAUFA–TAK MABSUTOH # SETELAHNYA TERDAPAT
ING-0P0-S0P0
TAPI KALAU HURUF TIDAK PUNYA TANDA # ESRET X 4 ISI SAJA
AKHIRNYA KU MENYELESAIKAN SEKOLAH # DI MTs RU PUTRI(menyesuaikan
lembaga) CINTAILAH
BERHARAP SEMOGA ILMUNYA MANFA’AT # BAROKAH-SOLEHAH (soleh di )DUNIA AKHERAT
AR-ROUDLI-3
( JADI, BACA, OLEH )
ROFA’
UTAWI JADI
MUBTADA’ @ ROFA’NYA OLEH
IBTIDA’
IKU KHOBAR JADIKANLAH @ ROFA’ OLEH MUBTADA’ LAH
OPO SOPO JADI FAIL @ ROFA’NYA OLEH YA FI’IL =2X
KUHARAP ENGKAU TAHU @ BAHWA SUNGGUH DIRIKU
MENYUKAI BMK @ KARNA KU BAHAGIA
NASOB
ING ITU JADI MAF’UL BIH @ NASOBNYA OLEH FI’IL BIH
HAL ITU JADIKAN HALE @ NASOBNYA FI’IL POLE
APANE JADIKAN TAMYIZ @ DI NASOBKAN FI’IL TAMYIZ
KALAWANNYA MAF’UL MUTLAQ @ DI NASOBKAN FI’IL MUTLAQ
INGDALEM JADI DZOROF @
DINASOBKAN FI’IL DZOROF
KARNA MAF’UL LI AJLIH @
DI NASOBKAN FI’IL AJLIH
TERGANTUNG
KANG JADIKAN NA’AT SAJA @ TERGANTUNG MAN’UTNYA SAJA
NYATANE BADALKAN SAJA @ TERGANTUNG MUBDALNYA SAJA
HIYO ITU TAUKIDKAN SAJA @ GANTUNG MUAKKAD SAJA 2X
KITA SANTRIWAN RU @ BELAJAR SANGAT SERU
KARNA KAU HARUS TAU @ BMK SANGAT JITU
JER
LAFADZ SETELAH HURUF JER @ ITU JADI MAJRUER
MAJRUR DIBACALAH EJER @ DIJERKAN HURUF EJER
DUA LAFADZ BACA TERUS @ JADIKAN MUDLOF ILEH RUS
MUDLOF ILEH DI BACA EJER @ EJERNYA OLEH MUDOF JER
SOLEHAH (sholehya) ITU KAMI @ GELAR IDAMAN SUAMI(Istri/Santri) 2X
AR-ROUDLI-4
( Tanda I’rob )
KALAU
PILIH ROFA’ AYO PILIH SAYA # DOMMAH-WAWU-ALIF-ENNUN ITU SAYA
KALAU
PILIH NASOB-AYO PILIH AKU # FATHAH-ALIF-KASROH-IYA’-HADZFUNNUN KU
KALAU
PILIH EJER AYO PILIH KAMU # KASROH-IYA’- FATHAH ITU ITU KAMU
KALAU
PILIH JEZEM AYO PILIH KITA # SUKUN -HADZFU ENNUN- HADZFUL ILLAT KITA
BARHARAP
ENGKAU SETIA SELAMANYA # DU HAI KEKASIH KU BMK NAMANYA
AR-ROUDLI-5
( Tanda I’rob )
( ROFA’ )
MUFROD-TAKSIR-MUANNATS-SOHIH
AKHIRNYA # ROFA’ 3X DENGAN DOMMAHNYA
JAMA’ MUDZAKKAR
SALIM-ASMAUL KHOMSAH # ROFA’ 3X DENGANNYA WAWIYAH
ISIM 3X ISM TATSNIYAH
# ROFA’ 3X DENGAN ALIFNYA
AF’ALUL KHOMSAH ROFA’
3 X NYA # DENGAN 3X TSUBUTUN ENNUNNYA
( NASOB )
ISIM MUFROD-JAMA’
TAKSIR-SOHIH AKHIR # NASOB 3X DENGAN FATHAH AKHIR
ASMAUL KHOMSAH
YAITU ADA LIMA # NASOB 3X DENGAN ALIFNYA
JAMA’ MUANNATS SLILM
KETIKA NASOB # DENGAN 3X KASROHNYA NASOB
JAMA’ MUDZAKKAR
SALIM-ISIM TASNIYAH # NASOB 3X DENGAN IYA’ NYA
AF’ALUL KHOMSAH YAITU
ADA LIMA # NASOB 3X DENGAN HADZFUN NUNNYA
AKU MENCINTAI APA
ADANYA # SEMOGA ABADI SELAMA-LAMANYA
( JER )
ISIM
MUFROD-TAKSIR-MU’ANNATS SALIMNYA # EJER 3X DENGAN KASROHNYA
JAMA’ MUDZAKKAR SALIM
ISIM TASNIYAH # EJER 3X DENGAN IYA’NYA
ISIM GHOIRU MUNSORIF
TAK ADA TANWIN # EJER 3X DENGAN FATHAH YA WIN
SOLAWAT DAN SALAM
UNTUK PARA NABI # YA NABI SALAM ALAIKA WAHAI NABI
( JEZEM )
FI’IL MUDOREK SOHEH
AKHIR-AKHIRNYA # JEZEM 3X DENGAN SUKUNNYA
FI’IL MUDOREK MU’TAL
AKHIR-AKHIRNYA # JEZEM DENGAN HADZFUL ILLAH ITUNYA
AF’ALUL- AF’ALUL
KHOMSAH JAZEMNYA # HADZFUN NUN- HADZFUN NUN DENGAN-DENGANNYA
SEMPURNALAH NADZOM INI
AR-RAOUDI # SEMOGA MENDAPAT RIDLONYA ROBBI
NADZOM AR-ROUDI-6
( KARENA )
ISIM
MUFROD TIDAK ADA PIRO-PIRO @ MUFROD JUGA TIDAK BERMAKNA LORO
JAMAK
TAKSIR ADA MAKNA PIRO-PIRO @ JAMAK MUANNAS SALIM YA PIRO- PIRO
BERAKHIRAN
ALIF DAN TAK MEKKAR-MEKKAR @ BAGAIKAN BUNGA MAWAR KETIKA MEKKAR
YA
KALAU FI’IL MUDLOREK SOHEH AKHIR @ TAK BERAKHIRAN WAWU DAN YA’ DI AKHIR
ISIM
TASNIYA MAKNA LORO KARUNE @ ALIF ENNUN, YAK NUN DI WOCO KASRONE
PIRO-PIRO
JAMAK MUDZAKKAR SALIM NA @ WAWU ENNUN, YA’ NUN DI BACA FATHA NA
KALAU
ASMAUL KHOMSAH NYA ADA LIMA @ ABUN AKHUN HAMUN FU DZU ADA LIMA
ISIM
GHOIRU MUNSHORIF TANPA BERTANWIN @ JANGAN COBA-COBA ANDA PAKAI TANWIN
KALAU
FI’IL MUDHORE’NYA MUKTAL AKHIR @ BERAKHIRAN WAWU DAN YA’ MUKTAL AKHIR
YA
ALLOH AMPUNI DOSA-DOSA KU @ JUGA DOSA-DOSA AYAH BUNDA KU
AR-ROUDLI-7
( Hukum )
KALAU MABNI AKHIRNYA TAK UBAH2 @ KALAU
MU’ROB AKHIRNYA PASTI BERUBAH
KALAU
HURUF ITU HUKUMNYA MABNI @ MADI – AMAR ITU HUKUMNYA MABNI
TAPI
KALAU MUDORE’ HUKUMNYA MU’ROB @ JUGA SEMUA ISIM HUKUMNYA MU’ROB
KECUALI
GOLONGAN ISIM BERIKUT @ AYO HAFALKAN I’ROB JANGANLAH TAKUT
ISIM
ISIM DOMIR-ISIM ISYAROH @ ISIM MAUSUL-ISIM ISTIFHAM-SYAROH
JANGANLAH
BIARKAN AKU MENAGIS @ KARNA KAMI SANTRI YANG MANIS-MANIS
ARRAUDLI-8
( Tatimmah )
Ada satu lagi yang belum
di’irob # Aku cinta Shohabat Umar bin Khottob
Yuk kita menghafalkan
babul istitsnak # Secara singkat ayolah anak-anak
Kalo lafadz mustatsna
setelah ILLA # dan Khola, ‘Ada, Hasya saudara ILLA
Jadikanlah Mustatsna itu
Istitsna’ # dibaca Nasob oleh Adat Istitsna’
Kadang ada juga yang
jadikan Badal # Maka Tentu ingatlah masalah Badal
Kadang jadi Fa’il, Maf’ul
bih dan Majrur # semoga kita ditakdir haji mabrur
Pola inga’ kakeh dek
kalimat isim # tandeh kemaso’an adat nida’ isim
Lek ono lafat artine kata
benda # yo iku jelas kalimat isim benda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar